Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi

Bluetooth Trademark Logo

Bluetooth adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengirim suatu berkas dari perangkat satu ke perangkat yang lain. Selain bluetooth ada juga alat sejenis yaitu menggunakan infrared, namun alat tersebut saat ini tidak lagi populer mungkin karena jarak yang terbatas untuk berbagi berkas. Memang banyak sekali ponsel yang menggunakan, dan tentunya semua smartphone sudah memiliki alat yang satu ini. Jika berbicara dengan smartphone, pasti ada kekurangan setelan pada bluetooth yang mengakibatkan bluetooth tidak erdeteksi di ponsel lain. Hal ini memiliki 2 sebab, yakni bluetooth rusak, atau setelan bluetooth yang salah.

Sebenarnya cara mengirim dengan bluetooth untuk jaman sekarang tidak cocok lagi, karena sudah ada tehnologi Wi-Fi yang dapat mengirim dan menerima berkas begitu cepat, bahkan 80% lebih cepat dibanding bluetooth dalam kondisi apapun. Tapi dengan wifi sangat jarang digunakan orang untuk mengirim file, entah itu tidak tahu caranya atau hanya tau wifi untuk internet saja. Bluetooth pada smartphone memiliki opsi tersendiri dihalaman pengaturan dan beberapa versi operasi ponsel, memiliki menu yang berbeda-beda. Namun tidak menjadi masalah karena setelannya sama saja. Berikut ini tata cara untuk mengatasi bluetooth yang tidak terdeteksi silahkan lihat dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan hidupkan ponsel Androidnya. Jika sudah silahkan hidupkan bluetoothnya dulu.
  2. Selanjutnya silahkan menuju setelan bluetooth, jika tidak tahu silahkan menuju sesuai menu ini “Setting => Jaringan & Nirkabel => Setelan Bluetooth“.
  3. Jika sudah ada pada halaman setelan bluetooth, silahkan centang pada “Dapat Ditemukan“.
  4. Terkadang beberapa ponsel akan menunjukan menit untuk menampilkan bluetoothnya untuk proses pairing, Namun ada juga yang dapat memilih, dan jika diponselmu dapat memilih silahkan pilih pada opsi “Waktu dapat ditemukan” sebagai “Jangan pernah“.
  5. Sekarang silahkan coba untuk mengirim lagi berkasnya apakah sudah terdeteksi ?

Mudah sekali bukan ? Cara diatas dapat dilakukan untuk semua OS Android. Sebenarnya maksud Android menyembunyikan bluetooth bukan karena supaya tidak dapat menerima file, namun hal ini ada kaitannya dengan keamanan juga, jadi cara terbaik yang bisa dilakukan ialah dengan menjalin hubungan bluetooth tersebut, atau biasa disebut pairing. Dengan begitu visibilitas bluetooth dapat diatur untuk bluetooth yang sudah terjalin (atau paired) supaya lebih aman. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

5 comments
  1. Gan, kenapa ya hp vivo saya tidak bisa dicari di perangkat lain, tapi kalo hp saya yg mencari bisa. Dan itu menjadi masalah ketika saya mau bermain game pes saat pencarian blutut tidak ketemu2.
    Solusinya bagaimana ya ?

    1. Coba cek di pengaturan bluetoothnya gan, biasanya ada opsi visibilitasnya yang harus diaktifkan supaya bisa discan di ponsel lain. Cara lain adalah melakukan pair terlebih dahulu, itu akan mempercepat proses pemindaian.

  2. saya punya problem,saya baru bli headset bluetooth kacamata tpi dia tak mau terdeteksi dengan handphone saya,handphone saya merk lenovo s5000_h,tolong gan bgi solusi gimna cara setting bluetooth kacamata ya

    1. Ya Saya pernah tau handset sejenis itu, biasanya proses pairingnya gagal, jadinya tidak terjalin hubungannya. Bluetooth headset jika tidak diaktifkan mode pairing tidak akan terdeteksi kecuali jika sudah terjalin, dengan otomatis akan langsung menyambung. Coba dicoba proses pairingnya seperti diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *