≡ Menu

Mengecek Apakah Website Baik Untuk Pengguna Ponsel

Google LOGO

Google selalu memberikan kemudahan bagi para webmasters unruk mendpatakan hasil yang sempurna dari setiap pengunjungnya. Seperti optimisasi di mesin pencari, perkembangan website dari analisa google, dan lain sebagainya. Hal yang tidak boleh dikecewakan bagi setiap admin website ialah tidak meengecewakan pengunjung, misalnya membuat website terasa berat, tampilan yang besar, memiliki ukuran yang tinggi dan lain-lain. Tidak banyak website yang bisa melakukan kesalahan, dan dari dulu hingga sekarang para pengunjung tidak menyukai website yang memberikan konten autoplay musik, sebab kuota internet di indonesia sangat berharga.

Yang dibicarakan kali ini juga menyangkut website, ada sekian banyak website yang menggunakan template yang bagus, namun apakah template yang dikenakan bisa terlihat baik di ponsel, maksud Saya apakah template tersebut cukup nyaman bagi setiap pengguna yang datang menuju situs tersebut. Pastinya tidak akan tahu jika belum mengeceknya bukan ? Tapi tenang karena Google memiliki alat yang cukup fantastis untuk mengecek hal ini dan tentunya opsi yang diberikan tidak sembarangan. Mungkin ada situs lain untuk melihat seberapa baik tampilan website pada ponsel ? namun Saya berani bertaruh bahwa google memiliki hasil yang jauh lebih baik dan bermutu. Berikut ini cara sederhananya, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan menuju link berikut ini https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/.
  2. Lalu silahkan masukan website target kedalam kolom yang sudah disediakan. dan klik Submit.
  3. Dan setelah itu akan tampak hasilnya sedemikian dengan hasil screenshot, gagal pembukaan script side, dan lain-lain.
  4. Jika menampilkan teks “Awesome! This page is mobile-friendly.” maka website yang kamu ketikkan tadi, baik untuk pengguna mobile. Sedangkan jika menampilkan teks “Not mobile-friendly“, maka website yang kamu ketikkan tadi tidak baik untuk pengguna ponsel.

Sederhana sekali bukan ? Kamu tidak perlu khawatir jika terdapat suatu pemberitahuan tidak dapat membuka, karena yang tidak bisa terbuka ialah sejenis konten script side (javascript) temrmasuk seperti iklan, ini tidak berpengaruh apa-apa, bahkan coba tes situs google pasti juga akan menampilakan pemberitahuan yang sama. Dengan alat google diatas kamu juga akan diberikan upaya untuk membuat situs lebih baik untuk pengguna ponsel, untuk beberapa CMS, google sudah menyediakan tata caranya termasuk WordPress. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 3 comments… add one }
  • bursa band May 2, 2015, 7:04 am

    hampir dipastikan setiap hari saya mengunjungi http://blogsecond.com itu sudah pasti. Melihat update terbaru postingan kang rrobyf. Bahkan dulu saya merekomendasikan beberapa teman teman saya jika mau belajar ngeblog atau membuat site kunjungi blogsecond. Karena memang dulu blogsecond sering membahas script dll. Dan penjabarannya mudah dipahami newbie. Terima kasih kang roby.

  • bursaband May 1, 2015, 6:37 am

    baru tau aku mas, thanks udah sharing.

    Aku ini bener2 ngefans sama blog kang roby. Tiap update pasti aku baca dan sampai2 aku beli domain buat ngeblog walaupun blm gak jadi2.

    Bukan berniat nyepam dan sepertinya komentar saya tidak ada yg muncul satu pun. Jika ada kesalahan mohon maaf dan inilah aku apa adanya.. Thanks mas robby

    • rrobyf May 1, 2015, 7:15 am

      Terima kasih. 😀 Sebelumnya Saya mohon maaf atas kejadian ini. Ini dikarenakan website ini dilengkapi anti spam dari Akismet dan gabungan plugin yang lain, untuk itu Saya kurang mengetahui komentar2 yang masuk karena ada di folder spam. Kali ini akan Saya pratinjau ulang. Terima kasih

Leave a Comment