≡ Menu

Cara Mengganti Gambar Cursor Di Komputer

Cursor Menu

Setiap orang yang memiliki sebuah PC sendiri pasti ingin menambah variasi lain yang bagus dan keren, entah itu tema, icon, dan cursor. Mungkin yang paling banyak diminati adalah tema. Dan kali ini akan Saya bagikan cara sederhana untuk mengubah cursor pada komputer khusus Windows. Setiap komputer memiliki berbagai cursor yang dapat dipilih dan kebanyakan yang disediakan tidak ada yang keren, maka dari itulah saat ini banyak orang yang membuatnya lebih keren seperti penambahan animasi pada gambar cursor tersebut.

Banyak sekali ditemukan digoogle yang membagikan cursor unik yang sangat banyak dan gratis. Disetiap file archive pasti memiliki ekstensi tersendiri, bukan untuk gambar yakni sejenis jpg, gif, atau, png, namun extensi khusus untuk menjadikannya sebuah cursor. Kadang di file archive disediakan tata cara pemakaian namun dalam bahasa inggris dan terdapat pula kode yang digunakan untuk memasang setiap cursor dengan benar. Sebenarnya mudah me,asang cursor jika sudah terbiasa melakukannya, namun jika tidak pernah melakukanya akan terasa sedikit bingung saat pertama kali mencobanya. Berikut ini tata caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan hidupkan komputernya.
  2. Lalu silahkan klik kanan pada mouse dan klik Personalize.
  3. Setelah itu klik lagi menu Change Mouse Pointers. dan akan muncul popup.
  4. Silahkan pilih setiap cursor seperti Normal Select, Help Select dan lain sebagainya dengan menekan tombol Browse. Lalu pilih directory cursor berasal dan pilih nama cursor seperti pada petunjuknya.
  5. Jika sudah, tinggal klik Save As dan namai cursor baru tersebut. Dan cursor sudah tersimpan dan siap digunakan.

Ada 2 macam extensi cursor, yaitu .cur, dan .ani. Khusus yang .ani biasanya untuk gambar cursor yang bergerak (animasi). Saya awalnya juga bingung saat memilih setiap gambar, dan Saya kira komputer langsung bisa mendeteksi cursor didalam satu folder, tapi ternyata harus memilih satu-persatu gambar cursor yang ada. Tentunya memilih tidak harus ngawur, didalamnya ada petunjuk pemasangan dalam jenis nama. Jadi seperti arrow, untuk Normal select, wait untuk Busy, dan lain sebagainya. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment