≡ Menu

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Macet Di PC (Aman)

Task Manager

Pernah mengalami kesulitan tentang aplikasi yang tiba-tiba macet tanpa ada pengaruh ? Biasanya hal tersebut ada pada game/aplikasi yang memiliki ukuran besar dan saat memainkannya sedikit macet-macet dan akhirnya tidak bergerak sam sekali. Mungkin kebanyakan orang akan langsung mematikan PC dengan cara menekan tombol Power hingga PC mati seketika. Namun cara tersebut cenderung tidak aman ddan bisa merusak komponen yang ada dalam komputer, jadi akan aman jika pengguna tersebut mematikan dengan cara shutdown PC dari menu start atau klik Alt+f4.

Di artikel kali ini akan Saya bagikan tata cara sederhana untuk mengatasi aplikasi yang macet dan tidak perlu restart atau shut down PC, namun langsung dari task manager bawaan windows. Software task manager sangatlah penting untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan, dapat juga mengetahui proses dari setiap aplikasi, termasuk CPU, Physical RAM juga tersedia pada Task Manager. Dan untuk urusan aplikasi yang macet atau (not responding), Task manager dapat mengatasinya dengan sangat mudah (sekali klk saja). Berikut ini tata cara penggunaanya, silahkan lihat dibawah ini.

  1. Saat aplikasi sedang macet, langsung saja klik START pada keyboard, lalu ketikan Task Manager dan klik ENTER.
  2. Pada tab silahkan pilih aplikasi yang not responding. Lalu klik tombol End Task pada bagian bawah dan aplikasi berhasil dihentikan. Misal (contohnya saja) seperti gambar dibawah ini.

    task manager

  3. Gambar diatas hanya contoh saja dan bukan dari aplikasi yg macet. Untuk menghentikan dengan cepat, kamu juga bisa membuat shorchut baru, dengan location seperti berikut ini.

  4. Salin dan tempel teks diatas menuju location pada shorchut baru tadi. Dan jika sewaktu-waktu aplikasi ada yang macet, cukup klik 2 kali pada shorchut dan otomatis aplikasi akan dihentikan.

Cukup mudah bukan ? Cara diatas sangat aman dibanding dengan mematikan PC langsung dari tombol power. Ada juga cara yang sama namun dari command line (CMD), namun menurut Saya itu cukup ribet bagi yang tidak biasa melakukan sesuatu dengan CMD, jadi cara diatas adalah yang paling sederhana yang bisa dilakukan tanpa harus mengetik apa-apa. Saya sendiri jika mengalami masalah aplikasi yang macet, pasti akan melakukan cara seperti diatas. Contohnya seperti memainkan game yang berukuran puluhan Giga Byte, pasti kadang-kadang macet dihari-hari tertentu, entah mengapa Saya juga tidak tahu lebih, namun yang pasti Macetnya tidak selalu, alias hanya sebulan atau 2 bulan sekali. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • nehemia raphael February 25, 2016, 11:22 pm

    makasih ya saya sempat panik loh saya pikir laptop saya udah rusak makasih

Leave a Comment