≡ Menu

(PHP) Membuat Hits Counter Tanpa Database

Visitors Hits counter

Mengetahui berapa banyak tampilan pengguna di halaman terkadang sangat perlu. Contohnya seperti ingin memisahkan artikel populer, pasti perlu mengetahui jumlah pengunjung yang ada. Kali ini akan Saya bagikan kode yang mampu menampilkan hits counter atau dapat dimaksud sebagai penghitung pengunjung. Kode yang akan Saya bagikan kali ini tanpa perlu menggunakan database dan pastinya sangat sederhana.

Jika dimesin pencari (google) banyak sekali yang membagikan tata cara pembuatan hits counter dengan database, tapi di artikel ini malah sebaliknya yaitu tanpa database. Jadi akan menggunakan bantuan file berextensi .txt (text format) yang digunakan untuk menerima hits pengunjung dan menampilkannya. Pada dasarnya banyak juga yang membagikan script semacam ini namun dapat membuat ukuran file .txt tersebut menjadi besar seiring banyaknya pengunjung, tapi jangan khawatir karena kode PHP yang akan Saya bagikan ini bersifat friendly pada semua server yang tentunya tidak memakan banyak kuota. Berikut ini kodenya silahkan amati dibawah ini.

<?php
$fp = fopen("hits.txt", "r");
$count = fread($fp, 1024);
fclose($fp);
$count = $count + 1;
echo $count;
$fp = fopen("hits.txt", "w");
fwrite($fp, $count);
fclose($fp);
?>

Sederhana sekali bukan ?? kode diatas menggunakan fungsi fopen(), fread(), dan fwrite() yang dapat bekerja untuk melihat isi hits.txt, dan menambah angka setiap ada pengunjung. Penjelasan lebih mudahnya begini, jika ada pengunjung disitusnya, maka kode akan langsung membaca isi angka dari file hits.txt dan menambah angka 1 dari sejumlah hits yang ada disetiap satu pengunjungnya. Ini sangat mudah sekali dipahami jika sambil melihat isi dari kode diatas.

Cara penggunaanya sangat mudah, cukup salin kode diatas, lalu buat file bernama hits.php dan include file tersebut di footer template misalnya. Lalu buat file lagi bernama hits.txt pada directory yang sama dengan hits.php, setelah itu silahkan lihat hasilnya.

Kode diatas sangatlah sederhana, dan tidak bisa menampilkan unique visitor saja. Sengaja Saya buatkan yang sederhana, supaya mudah untuk dipelajari. Buat yang sudah mahir pasti bisa mengembangannya lebih baik lagi. 😀 Jika ada yang ingin ditambahkan/dipertanyakan tentang diatas ? silahkan komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 7 comments… add one }
  • valentino Patriasa September 14, 2017, 4:12 am

    jika saya ingin membuat bilangan 1-100 tapi setiap angka 10,20,30 itu dilompati tidak ditulis, mohon share ilmunya ya

    • rrobyf September 14, 2017, 11:05 am

      Mohon maaf karena Saya tidak bisa menerapkan kodenya disini. Tapi hal tersebut bisa dilakukan dengan memberi pengecualian seperti memakai fungsi if else yang ada pada PHP.

  • Ade Pramono August 10, 2017, 1:14 pm

    ada yg mempergunakan codeigniter gak gan? yg single page,, thq

    • rrobyf August 11, 2017, 3:05 am

      Diatas hanyalah contoh kode sederhana saja, dan agan bisa membuatnya serta menyesuaikan supaya dapat dipakai pada framework tersebut.

  • AgusWeb May 3, 2017, 5:35 pm

    Kemungkinan menghasilkan bug. Ada lg fersi lbh rapet?

    • rrobyf May 4, 2017, 11:58 am

      Ya, diatas hanyalah kode yang sangat sederhana sekali, tapi perlu diketahui bahwa setiap pengunjung reload akan dihitung satu dan seterusnya, jika hanya ingin menghitung satu saja setiap pengunjung harus dilakukan filtering IP.

  • suparno February 27, 2015, 1:26 am

    trims, tipsnya.
    dicoba, dulu boz!

Leave a Comment