≡ Menu

Download Script Wap phpMyAdmin

phpMyAdmin

phpMyAdmin sangat dibutuhkan untuk mengedit sesuatu pada database. Baik itu menghapus table/field/row, menambah, mengeksekusi, dan lain-lain, dapat dilakukan mudah dengan bantuan phpMyAdmin. Banyak sekali script sejenis phpMyAdmin yang dikembangkan dan menjadi alternatif, yakni seperti yang akan Saya bagikan kali ini yaitu Wap phpMyAdmin. Script tersebut sebenarnya dikhususkan untuk pengguna mobile, tapi berhubungan dapat dijalankan melalui PC dengan simple dan cepat, jadi tidak ada salahnya untuk dicoba. Pembuat dari script ini adalah “ionutvmi“. Dan membagikannya secara gratis dan berlisensi.

Script wap phpMyAdmin dibuat sejak tahun 2012 dan kemungkinan masih dalam versi beta, namun hingga saat ini telah Saya coba berkali-kali tidak ada bugs yang ada dan dapat diinstall diberbagai server. Jika kamu pernah masuk menggunakan semacam wapftp, pasti tidak akan berbeda dengan script ini, karena sistem yang ada hampir sama seperti autologin & cookie session. Jika dibeberapa wap ftp masih terdapat bugs/kekurangan yaitu dapat menyimpan akun login dalam bentuk file hidden, namun di script wap phpMyAdmin tidak akan menyimpannya dan sangat aman untuk digunakan, jadi tidak perlu khawatir untuk menggunakannya.

Script ini terakhir diperbarui tahun 2012, dan dokumentasi/penggunaan dapat dilihat pada halaman ini. Script ini juga tersedia di github, untuk download/melihat isi script Wap phpMyAdmin, silahkan KLIK DISINI. Untuk tata cara install, silahkan lihat dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan masuk ke filemanager atau menggunakan FTP dan upload/import script Wap phpMyAdmin.
  2. Selanjutnya silahkan extract/unzip script langsung pada ROOT atau folder baru.
  3. Lalu tinggal akses URLnya, seperti http://situs.com/wphpmyadmin. Silahkan ganti sesuai directory saat meng-extract script.

Pada beberapa hosting terkadang membatasi akses perizinan folder (chmod), untuk itu, sebagai jaga-jaga, sebaiknya mengatur chmod 777 pada folder “data“. Karena folder tersebut untuk membackup database dan memerlukan directory writeable untuk dapat meneruskan proses.

Wap phpMyAdmin Wap phpMyAdmin Wap phpMyAdmin Wap phpMyAdmin

Template pada script ini sangat simple (iphone style). fitur yang ada juga sangat banyak, yaitu membuat table/field/row menghapus, mengedit, rename, mencari, melihat query, mengeksekusi query, membackup sql (support zip format), restore SQL (bisa import SQL file melalui URL), secure autologin, membuat user database (jika server mendukung), mengubah bahasa, dan banyak lain lagi. Pokoknya tidak kalah bagusnya dengan phpMyAdmin original. Tunggu apa lagi coba sekarang juga. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }

Leave a Comment