≡ Menu

Cara Menghemat Kuota Data Internet Dengan UC Browser

UC Browser HD Banner

Menelusuri sebuah website sudah menjadi kebiasaan seseorang, tidak hanya jejaring sosial saja, namun website yang membagikan berbagai konten lain juga sering sekali dikunjungi. Setiap halaman yang terbuka pasti memiliki ukuran tersendiri, dan jika halaman ketika dibuka terlalu berat, itu dapat mengurangi kuota internet cukup tinggi. Disini akan Saya bagikan cara untuk menghemat kuota dengan UC Browser yang terkenal dengan kecepatannya.

Sebenarnya, browser apapun sama saja, namun dalam segi minimalis, UC dan Opera adalah browser yang jauh lebih bagus dari yang lainnya. Kedua browser tersebut juga memiliki perbedaan, dari penampilan saat menelusuri situs, UC lebih minimalis ketimbang Opera. Memungkinkan UC Browser memang menargetkan supaya penggunanya tidak memakan banyak kuota ketika mengunjungi sebuah website.

Di UC Browser terdapat pengaturan yang bisa diubah supaya kecepatan mengunjungi website lebih cepat dan tentunya tidak memakan banyak kuota. Berikut ini beberapa pengaturan yang harus disetel ulang untuk meminimalkan penggunaan kuota.

  1. Kualitas Gambar – Silahkan memilih “Normal” apabila hanya mengunjungi facebook/twitter dan sejenisnya. Dan gunakan kualitas “Rendah” apabila digunakan untuk membuka situs dengan ukuran tinggi.
  2. Webpages Preload – Sebaiknya pengaturan ini dimatikan apabila menggunakan Paket Data Normal, tapi jika menggunakan Wi-Fi silahkan aktifkan, karena kegunaan dari fitur tersebut untuk memuat halaman secara otomatis.
  3. UserAgent – Fitur ini mungkin tidak ditemukan pada beberapa OS ponsel. Silahkan pilih sebagai “Mobile”, supaya halaman yang akan dituju, terdeteksi sebagai pengguna ponsel.
  4. uDISK – Gunakan fitur ini hanya ketika mengunduh file yang besar, jadi berkas file yang telah dihentikan (pause) dapat dilanjutkan kembali tanpa ada error yang mengakibatkan mengulang kembali dan kuota terbuang sia-sia.
  5. Pembagian Halaman – Silahkan aktifkan pada fitur ini, karena dapat membagi beberapa halaman pada website yang memiliki ukuran tinggi. Di beberapa OS ponsel, fitur ini dapat diubah sendiri pembagian rata-rata halaman dihitung dengan KiloByte.
  6. Streaming – Lakukan streaming hanya ketika menggunakan Data unlimited atau Wi-Fi saja. Di UC Browser melakukan streaming memang sangat cepat dan sebagaian orang tidak mengerti apabila memutar video secara online dapat menghabiskan kuota jauh lebih cepat.
  7. Add-Ons – Gunakan fitur addons dari UC Browser yang tidak berhubungan dengan data internet, karena dapat menambah ukuran pada aslinnya. Sebagai contoh seperti fitur Terjemahan. Atau gunakan seperlunya saja ketika memang benar-benar membutuhkan.

Hanya dengan cara diatas, dapat membuat kuota lebih awet dibanding sebelumnya. Saat ini UC Browser untuk Android juga memiliki versi kecil yang disebut UC Mini, dengan browser tersebut, juga dapat menghemat kuota lebih baik dibanding UC Browser/HD pada umumnya.
Apabila belum memiliki UC Browser, silahkan download dengan meng-klik banner dibawah ini.

Download UC Browser

Semua ponsel dapat menikmati UC Browser secara gratis. Rasakan sensasi luar biasa saat menggunakan browser ini di SmartPhone dengan fitur yang lebih banyak dibanding aplikasi browser lainnya. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 19 comments… add one }
  • Adya Razan May 9, 2017, 12:51 pm

    wah bermanfaat nih artikelnya, sangat membantu

  • Gea Putri March 4, 2017, 10:22 pm

    Terus lebih enak pake uc browser apa pake uc mini ya?

    • rrobyf March 6, 2017, 11:30 am

      Jika ingin menghemat secara total, Saya lebih menyarankan memakai UC Mini.

  • Monica August 8, 2016, 5:58 am

    Kalo cara menyambungkan wifi lewat website ke smartphone melalui uc browser gimana?

    • rrobyf August 8, 2016, 11:05 am

      Apakah yang dimaksudkan adalah autentikasi WiFi menggunakan UC Browser. Tentunya UC Browser bisa langsung mendeteksi jaringan WiFi yang memerlukan untuk login atau tidak pada panel statusbar.

  • ya June 6, 2016, 4:56 pm

    Mau nanya min knp ya hp sy ke uc mini cepet abis kuota nya tolong solusi ny min

    • rrobyf June 7, 2016, 11:51 am

      Pastikan mode cepat telah diaktifkan ya pada UC Mini.

  • Debby May 1, 2016, 12:47 am

    Mas, cara set uc browser supaya bisa pake wifi gmana caranya? Thx

    • rrobyf May 1, 2016, 7:38 am

      UC Browser bisa pakai WiFi kok, tapi sayangnya tidak ada pilihan untuk menghemat data menggunakan WiFi, disebabkan kebanyakan jaringan WiFi menggunakan unlimited (tanpa batas kuota)

  • ivantius goutama January 4, 2016, 2:12 am

    Saya mau menggunakan mifi router untuk browsing, apakah dengan menggunakan uc browser saat browsing menggunakan wifi dari mifi router, data yang diterima masih di kompres atau tidak. Dengan kata lain, apakah dengan meggunakan wifi, apakah uc browser masih aktif fitur penghemat datanya. Karena saya menggunakan kuota bukan unlimited.

    • rrobyf January 4, 2016, 9:43 am

      Iya, Saya jamin akan hemat. Tapi akan lebih hemat lagi menggunakan UC versi Mini, karena pengeluaran data sangat sedikit, sehingga tidak menghabiskan banyak kuota setap kali mengunjungi halaman.

  • Najwa Aulia Jasmyne November 17, 2015, 2:20 am

    Gimana caranya mempercepat browsing,download dan menghemat kuota di uc browser

  • riki November 14, 2015, 4:07 pm

    Kenapa di ucbrowser saya tdk ada versi lite nya?(hilang) Yg ada hanya mobile dan desktop saja pdhl saya sblm nya pake yg lite nyaman bgt. Thx b4

    • rrobyf November 15, 2015, 7:36 am

      Sudah mencoba untuk perbarui versi UC Browser ? Jika belum silahkan perbarui atau install ulang.

  • Najwa Aulia Jasmyne November 13, 2015, 1:05 pm

    klo yg di data statistik maksudnya ukuran tersimpan dan diterima apa ya?

    • rrobyf November 14, 2015, 7:08 am

      Begini, ukuran yang tersimpan adalah ukuran dari semua riwayat website sebenarnya, dan ukuran diterima adalah ukuran setelah dioptimisasikan, jadi kesimpulannya, Ukuran yang tersimpan tidak terhitung, yang terhitung kuota adalah ukuran diterima. Bisa dilihat sebagaimana UC Browser menghemat kuota dengan sangat baik.

  • Fadhly September 12, 2015, 1:33 am

    Salam kenal sob. 🙂

  • kowi March 12, 2015, 8:08 am

    kalo trik mempercepat uc browser gmn ya?

    • Oky May 23, 2015, 3:09 pm

      Klo Buat searching sja sy rasa cukup cepat apa bila koneksi anda benar2 lambat…
      cara nya klik add ons ubah mode cepat nya menjadi lite..

Leave a Comment