≡ Menu

3 Cara Pemanggilan If Else Statement Di PHP

PHP Logo

Banyak orang bingung ketika ingin mengedit sesuatu pernyataan if else pasti menginginkan yang berbeda sesuai kebutuhan untuk memecahkan sesuatu. Dan tentunya yang mudah dan tidak membingungkan. Kali ini akan Saya bagikan 3 cara pemanggilan if else statement yang berbeda.

pernyataan if & else sangatlah penting untuk membatasi sesuatu, baik itu konten, validasi, ataupun yang lainnya. Dan juga dapat memanggil fungsi/string seperti strpos, substr, dan banyak lagi. Dan yang tidak sampai dilupakan yaitu atribut empty dan isset. 😀 Berikut ini ketiga cara pemanggilan if else di PHP. Silahkan lihat dibawah ini.

Contoh pertama

<?php
$nama = 'Paijo';
if($nama == 'Paijo'){
echo 'Halo '.$nama;
}else{
echo 'Hai';
}
?>
<?php
$nama = 'Paija';
if($nama !== 'Paijo'){
echo 'Hai';
}else{
echo 'Halo '.$nama;
}
?>

Contoh kedua

<?php
$nama = 'Paijo';
if(($nama == 'Paijo'))
echo 'Halo '.$nama;
else
echo 'Hai';
?>
<?php
$nama = 'Paija';
if(($nama !== 'Paijo'))
echo 'Hai';
else
echo 'Halo '.$nama;
?>

Contoh ketiga

<?php
$nama = 'Paijo';
$tampil = ($nama == 'Paijo') ? 'Halo '.$nama.'' : 'Hai');
echo $tampil;
?>
<?php
$nama = 'Paija';
$tampil = ($nama !== 'Paijo') ? 'Hai'' : 'Halo '.$nama.'');
echo $tampil;
?>

Ketiga cara diatas memiliki perbedaan tersendiri, dan yang hampir sama yaitu pada contoh pertama dan kedua, namun yang kedua tidak ditambah simbol “{“ yang membuatnya lebih sederhana. Dan yang ketiga bisa terbilang adalah pemanggilan yang paling pendek dibanding pertama dan ketiga, karena hanya mengandalkan simbol “?” dan “:“.
Cara diatas hanyalah sebuah contoh dari pemanggilan if else yang paling sederhana. Dari situ kamu dapat mengembangkannya dengan menambah seperti penjumlahan, atau jenis yang lainnya.

Ada 2 bentuk disetiap contoh. Pengertian ketiga kode diatas untuk yang pertama adalah. Jika string $nama adalah Paijo, maka akan menampilkan string $nama “Halo Paijo“, dan sebaliknya (else) akan menampilkan teks “Hai“.
Untuk yang kedua adalah Jika string $nama bukan Paijo, maka akan tampil “Hai” dan sebaliknya (else) akan menampilkan string $nama “Halo Paija“.
Bagaimana ? Mudah bukan.
Jika ada yang ingin ditanyakan lebih tentang diatas, silahkan berkomentar. 🙂

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment