≡ Menu

Cara Mempercepat Koneksi Opera Mini Di Ponsel

OperaMini Logo By Opera Software ASA

Opera Mini adalah sebuah aplikasi browser pada ponsel. Dengan Opera Mini, kamu dapat menelusuri website dengan mudah dan juga memiliki tampilan yang rapi. Browser tersebut telah memiliki pengguna yang sangat banyak dan hingga saat ini masih menjadi salah satu browser paling banyak digunakan publik.
Di Opera Mini terkadang terdapat hal yang yang kurang baik yaitu dalam segi koneksi yang dapat merubah rubah sendiri server yang ada, kebanyakan diversi 5 kebawah dan di Opera Modif.

Saat ini operamini kurang lebih memiliki 5 server network berbeda. Setiap server memiliki kecepatan yang berbeda diberbagai daerah negara. Apabila saat mengakses halaman sangat lama, hal ini bisa saja disebut koneksi error oleh orang yang tidak mengerti opsi server ini. Maka dari itu Saya akan bagikan tips untuk mempercepat dan memaksimalkan koneksi mengakses halaman di browser Opera Mini.

Menggunakan jaringan 3G memang dapat membuat koneksi jauh lebih cepat, namun akan lebih cepat lagi apabila operamini diatur dengan benar. Hal ini juga mengacu pada maksimal kecepatan per Mbps pada ISP yang dipakai. Terkadang tidak membutuhkan signal yang banyak, cukup 1 atau 2 saja juga dapat membuka halaman sewajarnya.

Akan Saya bagikan cara untuk membuat koneksi di operamini jauh lebih cepat dibanding biasanya tanpa mempengaruhi apapun, kecuali kecepatan. Silahkan lihat tata cara tersebut dibawah ini.

  1. Image Quality – Ada tiga pilihan yang ada pada opsi ini yaitu Low, Medium dan High. Sebaiknya Atur/setel pada opsi ini untuk Medium saja. Jangan khawatir, dengan memilih Medium, kualitas gambar hanya akan dikurangi/potong sedikit.
  2. Single Column View – Kegunaan opsi ini untuk mengatur halaman pada situs yang akan diakses supaya lebih Mobile Friendly. Apabila opsi tidak dicentang maka operamini akan menampilkan website seutuhnya tanpa dilakukan minimalisir konten, dan hanya gambar saja yang dikonversi sesuai setelan Opsi gambar. Saran Saya jika ponselnya memiliki layar yang sekiranya kecil silahkan dicentang.
  3. Sinchronize Opera – Kegunaan fungsi ini menyimpan data yang ada di Operamini seperti bookmark, history, dan speed dial. Sebaiknya jangan gunakan fitur ini karena hanya akan membuat koneksi lambat akibat proses koneksi background.
  4. Protocol Setting – Kegunaan untuk opsi ini untuk membuat sebuah koneksi. Ada 2 macam yaitu HTTP atau Socket. Disini Saya menyarankan untuk pengguna selain 3G menggunakan Socket. Karena dapat melihat langsung progress bar (loading) saat membuka sebuah situs dan tentunya lebih cepat dibanding HTTP.
  5. Network Setting – Opsi ini tidak banyak ditemukan pada Operamini 5 keatas, tapi diversi 4.xx banyak yang membagikan Operamini Editable server. Hal ini dapat mengubah server operamini sesuai keinginan dan untuk pengguna indonesia silahkan gunakan network server pada kolom dibawah ini.

    HTTP Protocol

    Socket Protocol

    Silahkan pilih salah satu dari beberapa server diatas. Gunakan yang paling cepat dari server yang pernah dipakai.

  6. Opera Turbo – Opsi ini tidak ditemukan pada halaman setting operamini, tapi dapat ditemukan dihalaman ini http://operamini.com/portal/turbo. Katanya dengan memasuki halaman tersebut, operamini akan terasa lebih cepat saat mengakses situs. Untuk yang satu ini Saya sendiri belum membuktikan apakah memang dapat mempercepat atau sama saja. Tapi banyak rekan yang bilang, halaman tersebut memang dikhususkan untuk pengguna Opera.
  7. Hanya itu saja yang dapat membuat performa operamini lebih cepat saat mengakses website apapun. Dan tentunya dijamin tidak kalah cepat sama browser lainnya. Keunggulan yang Saya sukai pada browser operamini adalah menu yang dinamis serta mudah untuk menelusuri situs. Jika ada yang ditanyakan tentang diatas silahkan komentar. :mrgreen:

    Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment