≡ Menu

Beberapa Cara Membuat Line Baru Di Textarea

HTML Banner

Textarea atau banyak yang menyebutnya kolom adalah tags HTML yang penting untuk memasukan data-data tertentu. Banyak diantaranya seperti kolom komentar diblog, kolom untuk posting artikel diblog, dan lain-lain. Jika kamu pernah melihat blog yang membagikan sesuatu lewat textarea, seperti kode Javascript misalnya. Pasti terkadang ada orang yang tidak menyadari apabila didalam kolom tersebut terdapat kode seperti ini “<br/>” atau “<p>” yang pada HTML adalah membuat line/paragraf baru. Sebenarnya hal tersebut karena tidak memakai 2 line ketika membuat hanya 1 line saja di dalam textarea, jadinya akan menampilkan kode tadi.

Tapi ada cara lain, yang tidak memakai 2 line untuk membuat line baru yaitu menggunakan HTML Entities atau memakai RegExp. Tentunya yang paling mudah menurut Saya adalah menggunakan Entities, karena dapat langsung dipakai dengan HTML tanpa bantuan script side. Jika ingin tahu apa itu HTML Entities ? Baca dulu disini.

Akan Saya bagikan 3 macam cara berbeda didalam HTML, Javascript, dan PHP dan tentunya sangat mudah untuk dipahami. Silahkan perhatikan ketiga kodenya dibawah ini.

HTML

<textarea>Nama Saya Budi.&#13;&#10;Tinggal di Kota Batu.</textarea>

Javascript HTML

<script type="text/javascript">
var teks = "Nama Saya Budi.\nTinggal di Kota Batu.";
document.write('<textarea>'+teks+'</textarea>');
</script>

PHP

<?php
$teks = "Nama Saya Budi.\nTinggal di Kota Batu.";
echo '<textarea>'.$teks.'</textarea>';
?>

Pengertian

HTML – Perhatikan pada kode ini “&#13;&#10;” . Kode tersebut adalah sebuah entities yang bekerja untuk memberikan line baru. Untuk membuat line baru tidak perlu menambah spasi setelah kode entities tersebut.

Javascript – Perhatikan pada kode “\n” adalah Regular Expression yang bekerja membuat line baru. Kode diatas sengaja Saya jadikan langsung sebagai HTML supaya dapat dipraktekan. Untuk membuat line baru tidak perlu menambah spasi disetelah kode regular expression.

PHP – Perhatikan pada kode “\n” adalah regular expression. Sama seperti javascript, di PHP dapat menggunakan kode regexp untuk memakai line baru di textarea. Untuk membuat line baru tidak perlu menambah spasi di setelah kode regular expression.

Sekarang pasti sudah paham tentang cara menambah line baru di textarea dan seperti yang Saya katakan diatas. Yang paling mudah dan tidak ribet adalah menggunakan kode HTML Entities. Dengan kode tersebut juga dapat langsung diterapkan di PHP, ASP.net tanpa perlu RegExp lagi. Hasil dari ketiga kode diatas akan menjadi seperti ini.

Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan berkomentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment