≡ Menu

Tips Mencegah Baterai Supaya Tidak Kembung

Baterai Indicator In Phone

Baterai yang kembung sudah pasti dibenci oleh semua orang, karena ukurannya yang besar serta pengisian yang tidak stabil. Hal ini tentu ada akibatnya dan yang pasti akibatnya berasal dari sang pemilik ponsel tersebut. Ada beberapa akibat yang membuat baterai ponsel cepat kembung yang ditandai karena baterai yang sering panas.

Baterai yang panas, bisa disebabkan banyak akibat, bisa bermain game yang lama, telpon yang lama, dan lain sebagainya. Baterai yang sering panas akan cepat pula menjadi kembung. Saya sudah pernah mengalami, pertama baterainya nge-drop dan yang terakhir adalah baterainya membesar seperti perut yang ditekan hehe 😀 . Lalu pada saat itu Saya cari cara untuk membuat baterainya bisa kempes seperti semula, katanya di freezer, dan sudah Saya praktekan dengan menunggu baterainya beku selama 4 – 5 hari tapi hasilnya tidak berhasil, jadi Saya tidak berpikir lagi langsung saja Saya palu baterainya hingga mengeluarkan gas dan rusak :mrgreen: .

Pada saat itu, Saya masih tidak dapat merawat baterai dengan baik, jadi siang malam saat memakai ponsel sambil di charge dan tentunya itu membuat baterai jauh lebih panas. Setelahnya Saya memutuskan untuk membeli baterai yang baru dan bersyukur hingga saat ini baterai tersebut masih awet dan tidak kembung. Ada beberapa cara yang Saya gunakan supaya baterai tidak cepat kembung, untuk mengetahuinya silahkan baca dibawah ini. 🙂

  1. Kurangi waktu memegang ponsel sesaat, seperti mengirim SMS, bermain game, dan lain-lain. Jadi selain membuat kemampuan baterai tidak cepat habis, bisa membuat baterai tidak panas.
  2. Jangan melakukan apa-apa saat ponsel sedang dicharge kecuali jika ada masalah penting.
  3. Jangan meng-charge ponsel (ngecas HP) dengan charge duduk. Hal ini hanya akan membuat proses kembung baterai lebih cepat.
  4. Jika baterai ponsel sudah panas, jangan dikeluarkan dan didinginkan dengan udara, lebih baik biarkan baterai tersebut berada diponsel.

Hanya itu cara yang saya gunakan hingga selama ini, dan yang paling membuat pusing, adalah ketika baterai sudah panas lalu Saya copot dan didinginkan semalaman, dan besoknya Saya lihat, tidak hanya baterai menjadi dingin, namun baterai langsung kembung lebih besar. Maka dari itu Saya tulis juga diatas pada cara yang terakhir.

Pertama melakukan semua cara diatas tergantung dari sifat orangnya yang harus sabar dan baca juga cara merawat baterai supaya tidak nge-drop yang bisa dilihat di ARTIKEL INI.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 3 comments… add one }
  • van baker July 26, 2015, 6:07 am

    klo pas waktu itu temen tusuk jarum dan jd gak gembung lg tp tetep aja boros hehehe

    • rrobyf July 26, 2015, 10:31 am

      Seharusnya yang seperti itu tidak harus dilakukan, karena memicu terjadinya explosion ketika baterai panas dan cairan keluar.

  • zuchdi ardianto May 22, 2015, 5:37 am

    Cukup menambah pengetahuan, dan mungkin bisa saya praktekkan dlm kehidupan sehari-hari..

Leave a Comment