≡ Menu

Cara Mengatasi Ponsel Yang Hanya Menampilkan Layar Putih

White Screen Phone

Ada banyak sebab tentang ponsel yang hanya menampilkan layar kosong, atau biasanya hanya muncul warna putih saja. Terkadang meskipun menampilkan warna putih saja, sistem masih dapat merespon dengan baik, dan ada juga yang tidak dapat melakukan apapun yang memungkinkan tidak dapat dihidupkan.

Ada 2 jenis yang membuat ponsel tidak berjalan semestinya, yaitu LCD layar dan Sistem ponsel. Kebanyakan yang sering mengalami hal ini adalah ponsel yang telah memiliki akses semua sistem (super user), hal seperti itu dapat membahayakan kinerja ponsel, karena setiap aplikasi yang diinstall bisa jadi adalah penyebab yang dapat mengubah struktur sistem pada ponsel tersebut dan merusaknya.

Penyebab yang sering juga yaitu tentang LCD yang kendor, biasanya terjadi saat ponsel jatuh tidak disengaja dari ketinggian minimal 3 meter yang bertatapan dengan benda keras. Dan kebanyakan yang saya tahu hal ini sering terjadi pada ponsel smartphone.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada cara tersendiri, untuk ponsel yang tiba – tiba menampilkan layar putih tapi tidak jatuh, silahkan membaca cara dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan hidupkan ponselnya dan cek apakah sistem ponsel masih bekerja atau tidak, untuk mengetahuinya dapat memakai HP lain untuk menelpon ke ponsel yang muncul layar putih.
  2. Jika sistemnya masih dapat bekerja dengan baik, cobalah reset ulang ponsel dengan memakai tombol khusus. Silahkan cari di google untuk ini karena tombol khusus reset berbeda – beda dari jenis ponsel.
  3. Apabila kesulitan menggunakan tombol khusus, silahkan flash manual ponselnya memakai komputer. Yang ini cari juga digoogle karena software flashing ada berbeda beda dan mencocokkan jenis ponselnya juga.
  4. Setelahnya lihat hasilnya apakah ponsel sudah membaik atau masih tetap.

Jika cara diatas sudah dipraktekan dengan baik tapi masih menampilkan layar putih, jadi penyebabnya adalah LCD. Dan untuk mengatasinya cukup sulit jika tidak terbiasa mengutak – atik ponsel. Ada baiknya bawa ke tukang service atau jika ponselnya masih memiliki garansi dapat menuju ke tempat dimana kamu membeli ponsel tersebut.

Biaya untuk mengganti LCD tergantung pada jenis ponsel, bisa dari 100 ribu hingga 500 ribu. Tapi jika masih memiliki garansi, biaya yang dikeluarkan tidak akan terlalu banyak.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 45 comments… add one }
  • janatin July 4, 2017, 4:56 am

    dinyalain cuma tampil logo saja. gmna cara reset factory nya kak??
    mkasih

    • rrobyf July 4, 2017, 12:04 pm

      Itu bootloop gan. Kalo sebelumnya ponselnya belum diroot, bisa diatasi dengan melakukan reset factory (silahkan cari tata caranya di google karena setiap tipe ponsel berbeda cara masuk recovery). Akan tetapi jika ponselnya dalam keadaan telah diroot, melakukan reset factory sepertinya tak akan membantu.

  • Bagus February 24, 2017, 6:59 pm

    Gann numpang nanya nih. HH ane entah knp white screen, pas ane flash tetep aja gan white screen.
    Masalahnya, itu dari ROM nya ato udah dari layarnya yg udah bobrok?
    Ane kalo ke konter takutnya itu masalah LCD nya.
    Thanks jika admin menjawab :v

    • rrobyf February 25, 2017, 11:23 am

      Jika sudah diflash tapi tak berpengaruh, sepertinya dari LCDnya gan.

  • Adp February 5, 2017, 5:33 am

    Numpang nanya gan….HP sya Lenovo vibe..terkadang saat membuka galeri foto,tiba2 layar HP mendadak jadi putih…dan harus menunggu layar menjadi mati baru bisa di operasikan kembali…mohon pencerahan nya gan

  • iga puspa fajrin May 13, 2016, 5:12 am

    ass,hp saya bergaris2 hitam putih,apa bisa di perbaiki,di mana kerusakannya

    hp saya evercoss A200,hp saya karna terbanting

    pertanyaan saya apakah bisa diperbaiki?,di mana yang rusaknya?

    • rrobyf May 13, 2016, 11:15 am

      Itu sudah mempengaruhi LCD dan sepertinya harus dibawa ke tukang servis untuk mengetahui lebih lanjut. Yang pasti hal ini tidak mengacu pada sistem dan ada pada bagian dalam (hardware).

  • rizal May 11, 2016, 3:50 am

    gan numpang tanya
    ane lgi nonton vidio trus tiba” layar ane jadi terang. tpi kontras HP ane udh paling rendah.. smua masih berfungsi cuman layarnya aja yg cerahnya bikin sakit mata
    itu knp ya gan??
    btw HP ane smartfren andromax

    • rrobyf May 12, 2016, 10:26 am

      Sepertinya itu hanya kesalahan sistem saja, coba kembalikan ke pengaturan pabrik, atau jika ponselnya telah diroot, sebaiknya dilakukan flashing.

  • shinta March 26, 2016, 7:12 am

    Hp sy evercoss at7s, pas sy pake download apk dr playstore tiba2 lcdnya lgsg bergaris2 hitam putih, tapi utk pmakaian touchscreen lancar, gd mslh…

    Cuma sy agak tganggu krn sy g bs liat hp secara maksimal krn smua jd blur, tmsuk tulisan n gambar dll….

    Pertanyaan sy, hp sy ini rusak atau kena bug? Trus gmn cara mperbaikinya? Yg rusak sbetulnya bagian mana nya?

    Sy sdh coba matikan n restart berkali2 tp tetap g ngefek jg…

    Mohon pencerahannya…

    Thx be4…^^

    • rrobyf March 26, 2016, 8:02 am

      Silahkan coba bongkar casing ponsel dan pada bagian konektor LCD, silahkan tekan sambil hidupkan ponselnya. Itu bukan kerusakan LCD, hanya kurang menekan semacam pita kuning pada balik LCD saja.

  • nazriel February 24, 2016, 1:10 pm

    Dari segi apanya mas ketika sedang di flash trus slesai di flash layar jadi warna putih tapi bunyi waktu dihidupkan cuma layar putih

    • rrobyf February 25, 2016, 12:53 am

      Jika blank setelah flash, berarti terdapat kesalahan saat melakukan flash atau mungkin firmware yang digunakan salah. Tapi apakah sebelumnya normal?

  • no name February 6, 2016, 2:27 pm

    hp saya cuman nyala pas digambar awalnya aja, itu kenapa ya?

    • rrobyf February 7, 2016, 7:16 am

      Jika hanya tampil logo saja, dinyatakan Bootloop, untuk memperbaiki bisa reset factory, atau menuju konter untuk perbarui firmware apabila terlalu parah.

  • sembeb February 3, 2016, 4:34 pm

    Gaen kalo layar ngaris”gara” salah pasang rom masih bisa di perbaiki ndak
    Thanks

    • rrobyf February 4, 2016, 10:46 am

      Ya, silahkan coba dengan memakai custom rom yang lain, biasany itu dikarenakan gagal porting atau sejenisnya yang mengakibatkan kesalahan pada layar.

  • Kay January 26, 2016, 9:44 am

    Gan Numpang Nanya ,, Kan Tadii Hp Gua Kebantiing Batreenya Lepas Darii Hp Nya , Pas Gua Nyalain Ko Layar Nya Putih Ya ?? Pas Gua Matiin Di nyalain masih Putih ,, Itu Kenapa Ya Gan ,, TOLONG PengarahNya gan 🙂

    • rrobyf January 26, 2016, 10:24 am

      Bisa saja itu terkena LCDnya. Silahkan dibawah ke Tukang Service apakah hanya kendor saja atau perlu diganti ? Biasanya tidak akan parah karena jika LCD pecah akan menampilkan semacam tinta.

  • rohman January 24, 2016, 11:47 am

    Bang rrobyf boleh g minta emailnya..??

    • rrobyf January 25, 2016, 9:45 am

      Jika terdapat keluhan, silahkan kirimkan pada halaman Kontak yang disediakan pada website ini ya ? Dengan begitu Saya bisa membalas setiap pesan yang diterima.

  • andreas January 14, 2016, 8:51 am

    gan,numpang tanya klo layarnya kedap kedip, terus suka gk ngerespon itu gimana ya gan solusinya?
    thank’s gan

    • rrobyf January 16, 2016, 2:53 am

      Sepertinya ada pada bagian sistem ponsel. Apa sudah pernah dilakukan flash ? Atau cara lainnya juga bisa mengganti cusrom, biasanya masalah akan terselesaikan.

  • putra ganda January 11, 2016, 1:06 pm

    maaf , bleh tnya gak ? Hp sya samsung galaxy star duos gt – s5282 (rooted) dulu pernah tercebur air , pernah benerin sendiri , hp ny udah idup tapi lupa masang tombol volumeny , jadi dibuka lagi , pas dibuka lg , kyak ada yg sobek , pas diidupin ngeblank , jadi dibawak ke konter (garansi udah abis ) dibenerin biaya 150rb , udah bener . Permasalahanny skrang : hp saya sering blank putih tiba tiba tiba , nunggu dilepas batreny dan dipasang lgi trus diidupin , baru layarny normal lgi , agan puny solusuny gk ? please ….

    • rrobyf January 13, 2016, 2:15 am

      Ya, itu biasanya kesalahan yang ada pada ROM ponsel. Silahkan coba flash ulang atau dilakukan pergantian custom ROM, dan syaratnya ponselnya harus dilakukan root.

  • aria December 4, 2015, 12:55 pm

    gan mau tnya,kmrn android ane sy tinggal sblh tv pas futsal..pulang2 dlm hp berair trus layar jg berembun dan sebagian warna putih..itu knp y? Solusinya?

    • rrobyf December 5, 2015, 4:53 am

      Apakah ponsel tidak melekat pada sebuah magnet, dan pastikan lihat dibagian dalam ponsel apakah seperti bau lembab sejenis logam karat yang diberi air. Jika iya, silahakn lihat bagian baterai apakah kondisi masih baik, kadang air yang keluar berasal dari cairan baterai.

  • anna November 26, 2015, 10:29 am

    Gan..kmren rumah saya kena sambar petir…hp saya lagi d cas..
    D tengok udah mati..pas saya hidupkan tombol power..langsung ngeblank putih
    Gmna solusinya gan?

    • rrobyf November 26, 2015, 11:32 am

      Posisi charge ada dibagian mana? Jika diatas papan yg mengandung megnet, bisa jadi LCD kendor. Tapi jika tidak, cobalah menuju recovery mode apakah bisa? Karena charge ponsel sendiri bisa mengatur maksimal ketegangan arus listrik, jika terlalu berlebihan akan langsung diputus

  • wawan November 13, 2015, 2:27 am

    gan …klo layar bergaris warna warni karna salah flash rom gmna gan?apakah bisa di flash ulang?tks

    • rrobyf November 13, 2015, 5:26 am

      Masih bisa diatasi, silahkan ganti dengan ROM yang lain.

  • elsasahara November 12, 2015, 10:26 am

    Klo hpnya lembab hbis kena air trus di taro di atas kulkas tiba2 layarnya jadi garis2 putih tapi nanti bisa normal lagi trus nanti ada lagi,itu gmn cara memperbaiki nya ya???

    • rrobyf November 13, 2015, 5:27 am

      Sepertinya itu karena LCD kendor, dikarenakan magnet yang ada di lemari es. Sebaiknya jangan menaruh ditempat itu lagi, meski lemari es dalam keadaan mati, karena magnet dapat mengganggu layar LCD.

  • Imam Hidayat November 10, 2015, 1:58 am

    terima kasih banyak infonya sangat membantu 🙂

  • Ricky October 20, 2015, 10:37 pm

    Gan hp tmn ku merek advan gan. Hp dia jatug gk sengaja gan . pas dis nyalain layar hp nya putih doang gan. Tp masihh ada getar pas nyalain itu hp. Solusinya gimana gan?

    • rrobyf October 21, 2015, 2:16 am

      Bisa kemungkinan itu LCDnya kendor, asalkan tidak keluar bercak hitam pertanda LCD sobek. Silahkan dibawa ke service, itu masih bisa diperbaiki. Banyak yang mengalami kejadian sejenis ini.

  • martin October 14, 2015, 2:05 pm

    Gan, mau tnya klu misalkan tablet blank cara atasinya gmn ya? Pedahal ga di apa-apain tp pas mau di pijit power malah blank?? Gmn ya? Thx

    • rrobyf October 14, 2015, 9:56 pm

      Meski blank saja, Apakah fungsionalnya masih tetap bisa ? Contohnya cabut baterai tabletnya dulu, lalu hidupkan dengan menekan tombol power. Apabila masih terdengar suara booting, berarti hanya LCD saja yg perlu diperbaiki. Coba dibawa ke konter service, biasanya dikarenakan LCDnya kendor.

  • andre October 14, 2015, 5:48 am

    gan klo layarnya setengah doang warna putih ,tapi setengah layar lagi bergaris garis putih, itu gimana solusinya?thank’s gan

    • rrobyf October 14, 2015, 8:54 am

      Ponselnya kira-kira habis terjadi masalah apa ya ? Apakah jatuh atau tiba-tiba seperti itu ? Dan apakah touchscreennya stabil ?

  • Amar saman July 5, 2015, 1:10 am

    iwonk: itu mungkin hp mu pernah terkena air
    solusinya ganti lcd

  • iwonk December 30, 2014, 1:20 pm

    sorry nih gan numpang tanya, bila lcd 2 bergaris putih kecil di bawah layar dari kiri ke kanan,terkadang ilang (normal kembali) terkadang juga nambah banyak garisnya kayak bergelombang, butuh solusinya gan apa bisa di perbaiki !! thank gan..

    • rrobyf December 30, 2014, 11:22 pm

      Jika kadang garisnya bisa normal kembali, kemungkinan dapat diperbaiki dengan membetulkan pemasangan LCDnya. 😀

Leave a Comment