≡ Menu

Plugin Untuk Membuat Menu Related Post Di WordPress

Contextual Related Post adalah sebuah plugin WordPress yang banyak digunakan pengguna lebih dari 100.000 orang. Plugin ini bertujuan untuk menampilkan suatu artikel terkait yang dapat membantu user mendapatkan artikel lain yang hampir menyerupai artikel yang dibacanya. Terdiri dari banyak fitur yang selalu berkembang dari tahun ke tahun.

Membuah suatu artikel terkait pada blog dapat dilakukan secara manual, namun ada cara lebih mudah dan memiliki banyak fitur menarik yang disatukan menjadi sebuah plugin, dan hanya Contextual Related Post yang selalu berkembang dan memiliki banyak kelebihan dari yang lain.

Fitur yang menarik membuat pengguna lebih ingin memilikinya, dan tentu saja plugin ini dapat dipakai gratis tanpa harus membayar, ada banyak sekali kelebihan pada plugin Contextual Related Post, silahkan lihat dibawah ini.!

Automatic – Menampilkan artikel terkait langsung tanpa harus menyisipkan suatu kode pada template.

Manual install – Memungkinkan dengan cara ini dapat melihat kompatible yang dimiliki versi wordpress.

Widgets – Memasang widget artikel terkait dengan sangat mudah.

Shortcode – Mendukung kode alias yakni [ crp ] (tanpa spasi), yang dapat disisipkan pada artikel.

The algorithm – Menampilkan artikel terkait berdasarkan judul dan konten artikel.

Caching – Menghitung artikel yang telah dibaca oleh user sehingga tidak akan muncul pada artikel terkait, sampai admin menghapus cache tersebut.

Exclusions – Tidak menampilkan artikel pada daftar artikel terkait berdasarkan judul atau ID, dapat diatur sendiri pada settings.

Custom post types – Mengatur sendiri konten apa saja yang akan dimasukan pada daftar artikel terkait, termasuk post, attachment, dan pages.

Thumbnail Support – Menampilkan langsung thumbnail pada sisi kiri judul di daftar artikel terkait.

Styles – Dapat mengatur sendiri style CSS untuk penampilan daftar artikel terkait.

Customisable output – Mengatur fitur lain termasuk teks Related Post, jumlah penampilan, dll.

Banyak fitur yang tersedia pada plugin Contextual Related Post termasuk pengaturan caching yang baru-baru ditambahkan, sehingga user tidak akan menemukan posting itu lagi pada daftar artikel terkait, ya karena sudah membacanya hehe, dan dapat terlihat kembali ketika akan menghapus cache pada pengaturan plugin ini. Ada beberapa screenshot pada halaman menu admin panel yang saya dapatkan dari halaman pluginya dapat dilihat dibawah ini.!

Widget Option Contextual Related Post Custom Style Contextual Related Post Feed Option Contextual Related Post Output Option Contextual Related Post General Option Contextual Related Post

CARA PAKAI

  1. Buka admin panel dan login. Setelah itu klik Plugins dan muncul beberapa menu, klik yang Add new.
  2. Silahkan ketikan pada kolom yang disediakan dengan Contextual Related Post dan klik Search Plugin.
  3. Akan muncul plugin yang bernama Contextual Related Post dan disediakan dua tombol, pilih yang Install dan setelah itu klik lagi Activate this plugin.

Hanya dengan 3 cara saja sudah dapat memakai plugin ini, dan jika ada yang ingin menginstall secara manual..? Silahkan download plugin Contextual Related Post dari halaman wordpress, silahkan KLIK DISINI untuk menuju halamannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 3 comments… add one }
  • agus prasetyo August 27, 2015, 3:06 pm

    Mas saya kok yang muncul cuma dilangkah k 3 yg download ya?

    • rrobyf August 27, 2015, 11:23 pm

      Apakah melakukan pencarian plugin di dasbor (halaman admin) ? Jika di WordPress.com tidak akan bisa, dan harus menggunakan WordPress Self-Hosted.

  • muhammad kholiq March 17, 2015, 12:48 pm

    sangat bermanfaat

Leave a Comment