≡ Menu

(PHP + cURL) Membuat Post Data Dengan Array

PHP With Curl Banner

POST adalah lawan fungsi dari GET, perbedaan dari keduanya adalah cara melakukannya yang sedikit berbeda. POST adalah sebuah fungsi yang tidak dapat dipanggil setiap input dan column melalui URL, sedangkan GET dapat memanggil langsung input dan column melalui URL.

POST pada HTML terbiasa dimasukan pada atribut method yang ditampilkan dalam bentuk form untuk sebuah pemilihan yang disalurkan menuju system lain untuk menyimpan data yang telah dituliskan, berbeda dengan GET yang dapat dilakukan dengan atribut method ataupun tidak, dengan mudahnya mengisi dengan memberi setiap input dan kolom melalui URL.

Yang dibahas kali ini, bisakah fungsi POST dapat dijadikan layaknya GET..? Itu bisa saja dan Saya akan bagikan dengan metode PHP dan cURL.

cURL memiliki berbagai ragam atribut yang mendukung pada PHP, contohnya pada fungsi POST ini, cURL dapat menampilkan hal tersebut langsung melalui URL, dan tentunya dibuat untuk menyerdahanakan.

Amati sedikit kode dibawah ini:

<?php
$ch = curl_init();
$post_data = array('input1' => 'kolom', 'input2' => 'kolom', 'input3' => 'kolom');
curl_setopt($ch, CURLOPT_URL, 'http://URLTarget.tld');
curl_setopt($ch, CURLOPT_RETURNTRANSFER, 1);
curl_setopt($ch, CURLOPT_POSTFIELDS, $post_data);
curl_setopt($ch, CURLOPT_POST,1);
$tampil = curl_exec($ch);
curl_close($ch);
echo $tampil;
?>

Ganti pada teks URLTarget.tld menjadi URL pada action form yang ingin dimasukan setiap fieldnya. Pada string $post_data adalah field dari setiap input, silahkan ganti/tambah sesuai form yang ada. Lalu pada bagian CURLOPT_POST dan CURLOPT_POSTFIELD digunakan untuk mengirimkan jumlah dan field dari setiap input yang ada pada string $post_data. String tampil yang meliputi curl_exec akan menampilkan konten situs dari URL yang telah dipakai.

Untuk mengetahui apakah POST data telah berhasil silahkan panggil dengan kode print_r($_POST);, dan akan muncul semua field dalam bentuk array.

Tehnik seperti ini biasa disebut grabbing, karena mengambil konten dari situs lain menuju situs sendiri. Untuk kinerja yang maksimal, usahakan memakai cara ini menggunakan PHP versi 5.xx.

Perlu bantuan atau pertanyaan tentang diatas..? Silahkan komentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment