≡ Menu

Mengatur User Agent Groups Pada Plugin W3 Total Cache

W3 Total Cache Plugin Logo

User Agent Group yang terdapat dari plugin W3 total cache memiliki kelebihan yang luar biasa, cocoknya untuk pengguna ponsel. Kamu dapat melihat disana terdapat group dan pada general setting, group yang ada hanya 2 (dua).

Group dibagi menjadi 2 yaitu High dan Low. Yang dimana kedua group itu adalah daftar ponsel. Jadi pada group high adalah smartphone, dan pada group low adalah browser biasa yang banyak dikenakan visitors mobile.

Keunggulanya, kamu dapat memilih sendiri themes yang ingin dipake pada versi mobile dan tinggal mengaktifkanya. Cara ini bekerja apabila kamu telah memiliki themes mobile dan jangan sampai memilih themes desktop, karena bisa kacau nantinya!

Banyak ditemukan themes mobile pada wordpress, dimana lagi kalau bukan di search engine 😀 . Silahkan cari dahulu lalu upload dan extract menuju /public_html/wp-content/themes.
Setelah selesai, langsung saja kita mulai tata caranya berikut ini!

  1. Sebelumnya silahkan cek pada appearance di admin panel apakah themes mobile telah masuk.
  2. Jika sudah muncul, langsung saja menuju w3 total cache menu dan klik pada User Agent Groups atau langsung ke

    http://domain.url/wp-admin/admin.php?page=w3tc_mobile

    Ganti domain.url menjadi url website kamu.

  3. Silahkan centang pada high dan low group, dan pilih themes mobile yang telah diupload tadi.
  4. Cukup centang dan pilih themes saja, jadi untuk setting seperti redirection dan lain-lain tidak perlu diisi. Langsung saja klik Save Changes
  5. Jika kamu pengguna plugin mobile seperti mobilepack, mobilepress, atau wp mobile detector. Jangan pilih themes, langsung saja centang dan biarkan pilihan themes tetap pada Pass through.

Jika ada yang belum tahu kegunaan plugin w3 total cache bisa mencari tahu di search engine, dan akan banyak sekali penjelasanya yaitu untuk menyimpan cache pengunjung untuk meringankan website saat diakses 🙂 dan salah satu kegunaan pada user agent groups ini bisa meningkatkan SEO pada googlebot-mobile. Jadi jangan lupa untuk optimasi juga pada themes yang digunakan (versi mobile) :mrgreen:

Tata cara bisa dipahami sebisa mungkin, jika ada yang ingin ditanyakan tentang ini, mari silahkan ber-komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment