≡ Menu

Memasang Widget Translator Google Pada Website

Google Translate Banner

Membuat widget translator pada website lebih mudah jika telah tersedia alatnya. Seperti yang diberikan gratis oleh google, termasuk penerjemah terbanyak dari 50 lebih negara yang dikenalnya. Ada beberapa translator juga yang memiliki fitur sama seperti gtrans, yakni adalah dari BING. Tetapi saat ini saya akan bagi tata cara pembuatan widget translator dari google translate.

Dalam hal menerjemah halaman, google memang tidak selamanya benar. Terkadang ada kata yang membingungkan dan membuat rumit untuk membaca sehingga menjadi ruwet. Ada hal yang perlu dikhawatirkan dalam mengikut sertakan widget ini pada blog. Seperti blog gaul, terbiasa dari tulisan yang ada banyak disingkat dan hal tersebut dapat menyulitkan pada saat pengunjung memilih bahasa yang hendak dikenakan.

Sedikit yang saya tahu, ada beberapa singkatan dalam teks bahasa indonesia yang dapat diterjemahkan pada google translator. Seperti dll menjadi ect, dan yang populer lainya. Jika blog yang memakai tulisan tidak baik dalam bahasa indonesia, akan semakin lucu saat pengunjung menerjemahkan halaman tersebut. Jadi saya sarankan untuk memasang pada blog yang sekiranya cocok untuk ditampilkan :D.

Kebanyakan orang membuat Widget ini dalam keadaan dropdown, karena mudah untuk memilih bahasa. Silahkan pelajari tata cara berikut ini!

  1. Pertama-tama menuju pada situs google translate tools. Silahkan klik http://translate.google.com/manager/website.
  2. Kemudian klik button berwarna biru bertuliskan Add to your website now.
  3. Isi pada setiap kolom, dari Website URL hingga Website Language. Pengisian harus benar.
  4. Sekarang pilih all language pada menu Translation languages dan pilih Dropdown pada menu Display mode Inline.
  5. Terakhir tinggal klik get code dan sebelumnya salin dulu meta tag kedalam head tags pada website. Setelah itu salin javascript juga dan tempel pada widget.
  6. Selesai, dan lihat hasilnya.

Cukup sederhana dan sangat mudah untuk membuatnya. Dengan ini website yang dimiliki, dapat diakses dalam berbagai bahasa tanpa mengubah secara manual.

Pengertian dari sini, mengacu pada website normal dan tidak dalam bahasa campuran. Dalam sistim google translate, tidak akan mengganggu pada penempatan search engine apapun. Jadi pakai widget ini terserah dimanapun pada website.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }

Leave a Comment