≡ Menu

Cara Block Referer Atau IP Website Melalui .htaccess

Block sebuah situs atau IP yang mengganggu terhadap website sendiri merupakan cara yang adil. Yang dilakukan cukup mudah dan tanpa ada script panjang, karena cukup mengandalkan satu file yang sangat penting dari sebuah website yaitu .htaccess. File tersebut memiliki banyak kegunaan pada keseluruhan system website, salah mengedit dapat menimbulkan erorr.

.htaccess mempunyai banyak fitur seperti ModRewrite yang dapat mengoptimalkan website lebih baik seperti URL Optimized yang digunakan untuk SEO pada mesin pencari. Selain modrewrite digunakan untuk SEO, juga bisa digunakan untuk memblokir referer dari situs lain yang menuju website sendiri.

Referer pada dasarnya adalah pengikut/pengundang dan pada situs website dapat kita lihat dengan bantuan javascript atau PHP. Referer dapat dimanipulasi dengan header referer dan berbagai system programing hampir semua mendukung untuk mengedit sendiri header referer dan lainya. Terkadang ada situs yang mengambil konten dari website sendiri, maka yang harus dilakukan adalah membuat sebuah logs referer yang menyimpan semua data url referer. Dan jika ada url yang menganggu website, silahkan blokir url tersebut dengan bantuan .htaccess. Berikut kodenya.!

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_REFERER} ^http://.*situstarget.com [NC,OR]
RewriteCond %{HTTP_REFERER} ^http://.*situslain.com [NC]
RewriteRule .* - [F]

Silahkan ganti url situs pada kode diatas dan untuk menambah url lagi silahkan tambah perintah OR setelah NC dengan koma (,). Dan situs target akan blank ketika memiliki referer menuju website sendiri.

Biasanya orang menyebutnya grabbing. Teknik untuk mengambil konten dari situs orang. Dan cara menangkalnya tidak cukup jika hanya menggunakan referer, harus membutuhkan IP website itu dan apabila sudah mendapatkan-nya mari kita blokir lagi dengan bantuan .htaccess. Berikut kodenya.!

#Blokir IP
order allow,deny
deny from 100.000.000.000
deny from 10.0.0
allow from all
#Blokir IP

Silahkan salin kode tersebut dan edit angka 100.000.000.000 dengan IP target. Dan dibawahnya dapat ditambahkan lagi sesuai seperti kode diatas. Sebenarnya cara ini cukup mudah, jadi tidak perlu membutuhkan semua angka IP. Misalnya begini, IP target adalah 50.40.30.20, kamu tidak perlu menulis semua angka tersebut dan cukup begini saja 50.40. dan semua IP yang berawalan dari angka itu akan diblokir.

Kedua cara tersebut bisa dipraktekan langsung dan jika ada yang ditanyakan tentang diatas, silahkan komentar :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment