≡ Menu

Cara Pindah Blog WordPress Secara Manual

Promotion

WordPress Logo

Posting ini merupakan pengalaman saya yang pernah saya praktekan sendiri diblog ini. Sebelumnya saya juga pernah pindah blog, tapi sudah tahun dulu dan itupun sudah lupa tata cara pindahnya. Untungnya masih dapat mengingat sedikit berkat bantuan teman :D. Dari sini saya akan jelaskan makna backup blog!.

Apakah kamu salah satu dari orang yang tidak suka membackup blog dan membiarkan jika suspend. Tentu tidak banyak orang seperti itu dan saya pernah menjadi seperti itu dulu dan saya terima saja hehe.
Untuk itu membackup blog adalah hal yang penting pada kelangsung ngeblogmu depan, karena ngeblog sama seperti hidup yang bercerita tentang diri kita di dunia maya :D.
Lakukanlah backup pada hari-hari tertentu. Misalnya hari Minggu. Yang dibackup adalah structure+data di mysql lewat PhpMyAdmin. Karena fungsi .sql sama seperti nyawa pada blog. Tidak ada sql akan mati: Erorr Establish Database Conection :mrgreen:.

Untuk files yang ada diblogmu, seperti attachment, thumbnail dll. Bisa backup pada folder wp-content dan seluruh isi didalam folder tersebut melalui FTP/File Manager.

Diatas hanya cukup backup sql + file saja. Untuk kelanjutan pindah blog, bisa simak berikut ini!

• Pertama daftar dihosting yang kamu ingin pakai.

• Selanjutnya buka cPanel dan buka softaculous Installer. Dan install pada wordress.

• buka phpMyAdmin dan DROP semua table yang ada. Lalu Import .sql backupan punyamu.

• Setelah itu buka FTP/File manager dan hapus folder wp-content saja dan jika selesai. Upload wp-content backupanmu.

• Yang terakhir adalah Unpark domain di hosting lawas. Dan ganti DNS/Nameserver ke hosting baru. Lalu park dan tunggu kurang lebih 24jam.

• Besoknya lihat, blog sudah pindah dan tidak mengganggu SEO.

Cara diataslah yang saya jalani diblog ini. Jangan ada takut saat proses, karena jika sudah punya backupan itu sudah baik. Jujur saya pindah blog dari HP (operamini) dan tidak ada kendala apapun, cuma pertamanya aja bingung pas ingin pindah tapi gk tau apa aja yg dibackup. Lalu tanya deh keteman dan akhirnya lancar.

Apabila ada yang ingin bertanya tentang ini bisa langsung komen. Secepatnya akan saya respond.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment