≡ Menu

Cara Membuat Custom Domain Sendiri Di Adf.ly

adf.ly adalah jaringan periklanan berbentuk CPM (cost per mile) yang melayani pemasang advertiser dengan setiap impressi yang digunakan. Di adfly banyak dari 1 juta orang terdaftar untuk mencari sedikit dollar dengan cara membagikan link yang telah diperpendek, kurang lebih dapat disebut (Earn Money By Shorten Long URL). Para member harus membagikan link yang sudah dipendekkan dan membagikan kepada teman/forum/social media, dan user yang melewati link tersebut diharuskan untuk menunggu 5 detik saja lalu akan muncul banner SKIP AD yang siap untuk diklik.

Tentunya ketertarikan pengunjung saat melewati link yang dibuat, mempunyai variasi tersendiri seakan situs adfly adalah milik admin website yang telah memendekkan URL tadi. Hal ini dapat dengan mudah menjadikan url adf.ly menjadi URL situs (subdomain) ataupun domain langsung.

Adfly telah membuat fitur custom domain setelah pergantian versi pada akhir tahun 2012 dan fitur ini banyak digunakan admin website pada letak subdomain. Hanya dengan mengganti record pada DNS yang dapat diedit melalui provider domain langsung ataupun dari hosting yang mendukung cPanel. Simak baik caranya dibawah ini.!

  1. Pertama-tama login dahulu menuju situs adf.ly.
  2. Selanjutnya silahkan menuju hosting/domain provider. Pastikan jika menggunakan domain provider, sebelumnya harus menggunakan DNS. Dan untuk pemakai hosting cPanel silahkan klik menu Simple DNS Editor.
  3. Kemudian silahkan tambah record berbentuk CNAME dan isikan seperti ini:

    sub.domain.tld.
    custom.adf.ly

    Akan ada 2 kolom yang harus diisi. Kolom pertama isi dengan format seperti diatas, sub (subdomain) dan domain.tld silahkan diganti sesuai, dan harus diakhiri dengan tanda titik. Kolom kedua silahkan isikan persis seperti diatas.

  4. Jika 2 kolom telah diisi, silahkan klik Add record. Dan sekarang hanya perlu memasukan ke daftar domain adfly yaitu pada halaman ini http://adf.ly/publisher/tools#tools-domains.
  5. Masukan domain sesuai tata cara yang diberikan adfly pada halaman itu, dan jika domain telah dimasukan silahkan tunggu beberapa menit hingga proses DNS berjalan, setelah itu coba buat URL baru pada dasbor adfly dan link yang diberikan adalah domain baru, setelah itu tinggal akses dan jika berhasil langsung bagikan keteman/forum/social media.

Dengan ini halaman perpendek URL adfly telah dapat diakses melalui domain sendiri dan membuatnya seperti situs sendiri. Melakukan cara ini termasuk sangat mudah apabila pernah memakai fitur DNS dari domain yang dipakai, karena dapat mengerti record yang ada sehingga sedikit cara diatas dapat dipahami dengan baik.

Kelebihan dari cara ini, dapat membagikan link menuju social media seperti twitter, karena twitter memblokir URL dari adfly dengan alasan tertentu tapi jika menggunakan custom domain tidak akan terdeteksi. Dan untuk membagikan link itu menuju facebook, masih dapat terdeteksi, karena facebook dapat membaca record dari setiap DNS, dan tidak lama akan terblokir.

Membuat link menjadi lebih bervariasi dengan website yang dimiliki adalah sebuah kreasi, dan semua pemilik situs dapat mencoba cara ini untuk membuat kreasi itu serta mencari dollar lebih mudah 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • hainur August 8, 2015, 6:25 am

    Baru tahu saya ada yang beginian,,

    Nice Info gan…

Leave a Comment