≡ Menu

Cara Melaporkan SMS Penipuan Ke Operator

Promotion

Pesan masuk SMS

SMS Penipuan telah beredar di indonesia sudah cukup lama, dan mungkin ada beberapa orang yang mendapatkanya setiap minggu sekali ataupun sebulan sekali. Tentu itu membuat kesal terhadap pelaku yang menipu, dan mau ditelpon tapi gak ada respon. Tidak ada cara lain selain melaporkan nomor tersebut kepada operator.

Melaporkan sifat buruk adalah perbuatan yang baik, jadi jika kamu atau teman kamu pernah mendapatkan SMS yang tidak wajar, misalkan mendapatkan mobil padahal tidak mengikuti acara tersebut, atau yang lain lagi seperti minta-minta pulsa.

Penipuan ini terbiasa pada kartu perdana yang masih bersifat baru diaktifkan, dan sang penipu mengacak urut nomor lalu mengirimkan-nya satu-satu lewat SMS.

Terkadang orang yang mudah ditipu, adalah orang yang tidak pernah menerima SMS penipuan. saat orang tersebut memiliki ponsel, lalu ada satu SMS penipuan yang masuk dan itu berbahaya jika mempercayainya.

Dari beberapa para operator, menggunakan cara block nomor tersebut, hanya tersedia dengan melakukan SMS atau langsung telepon customer service juga tidak masalah. Berikut format SMS dari beberapa operator yang ada di indonesia.

Telkomsel
Format SMS: penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166

XL
Format SMS: Lapor#Nomor penipu#kasus yg di keluhkan dan kirim ke 588

INDOSAT
Format SMS: SMS(spasi)Nomor penipu(spasi)isi SMS penipuan dan kirim ke 726

Masih ada 3 operator yang diketahui format SMS untuk melaporkan penipuan. Jadi mereka akan langsung blocking nomor yang dilaporkan, dan jangan sampai salah pada isi SMS, mungkin akan dilakukan pengecekan sebelum melakukan tindakan.

Jangan khawatir untuk pengguna kartu selain diatas, kamu dapat menanyakan lewat customer service, atau melalui email. Silahkan klik untuk menuju website provider masing-masing: Three (3) Axis Flexi Smartfren Esia.

Jika ada yang menemukan format SMS penipuan selain ketiga diatas, dimohon komentar 😀 . Dan jika benar, saya akan segera update post ini. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment