≡ Menu

Plugin WordPress Untuk Mengelola Database (DBManager)

SQL Logo

Database memiliki banyak arti dalam website. Dan kebanyakan mesin yang digunakan pada situs building ialah SQL. SQL adalah salah satu dari beberapa database yang ada, dengan SQL, setiap data dapat tersimpan dengan baik dan tertata dengan setiap table dan column. Tidak digunakan untuk menyimpan data sejenis file dan hanya data berbentuk teks saja.

Data yang berbentuk teks sangat berguna untuk menyimpan sistem pengaturan, login pengguna, posting pengguna, dan lain sebagainya. Seperti pada WordPress yang juga memakai SQL untuk menyimpan data dengan mudah dan aman.

Ada banyak cara untuk mem-backup isi dari database di situs wordpress, dapat melalui control panel, manual phpmyadmin, dan dengan plugin. Ada banyak sekali plugin wordpress yang bisa membantu membackup database blog dengan mudah dan cepat, tapi ada juga yang tidak sesuai dengan pilihan, contohnya fitur dari plugin yang sedikit.

Tidak hanya membackup saja, Menghapus table SQL yang diinginkan ketika plugin yang diinstall telah diuninstall, pasti data plugin tersebut masih tersimpan di database dan untuk cara menghapusnya dengan mudah hanya melalui phpmyadmin. Tapi jangan khawatir, karena plugin untuk wordpress yang bisa membackup, menghapus table, mengoptimisasi database, dan mengeksekusi kode SQL dengan mudah sudah ada dan gratis. Nama pluginnya adalah “WP DBManager“.

WP-DBManager adalah plugin yang sangat diperlukan untuk semua situs wordpress. Karena kegunaan plugin tersebut untuk mengelola apa saja yang ada didalam database tanpa membuka phpmyadmin. Tentu dengan plugin tersebut kamu tidak perlu lagi untuk klik backup, mengoptimisasi database, dan repair database, karena semua itu bisa dilakukan otomatis sesuai waktu yang telah diatur. Plugin ini sudah lama ada, sekitar dari tahun 2011 kebawah, dan hingga saat ini sudah banyak yang meng-install sekitar 1 juta pengguna wordpress.

Fitur yang ada dalam plugin WP-DBManager dapat dilihat dibawah ini.

Backup DB – Di menu ini kamu dapat melakukan backup manual database yang ada diblog. Dan kamu dapat memilih 2 type file untuk melakukan backup yaitu .sql (SQL) atau .gz (GZIP).

Manage Backup DB – Di menu ini kamu dapat melihat file backup yang sudah tersimpan, kamu dapat mengembalikan backup (restore), menghapus backup (delete), atau mengunduh backup (download).

Optimize DB – Di menu ini kamu dapat mengoptimisasi database, yang kegunaannya adalah meringankan beban yang ada didatabase, dan menghapus data yang tidak diperlukan.

Repair DB – Di menu ini kamu dapat memperbaiki database yang rusak, jadi sistem akan mengecek query SQL dan akan dibenahi jika terdapat kesalahan.

Empty/Drop Tables – Di menu ini kamu dapat menghapus (DROP) table yang tidak perlukan (seperti bekas dari plugin yang teruninstall) dan mengosongkan (EMPTY) table.

Run SQL Query – Di menu ini kamu dapat mengeksekusi query SQL dengan mudah, pastikan kamu telah mengerti kode SQL, jika tidak maka abaikan menu ini.

DB Options – Di menu ini kamu dapat mengatur kinerja dari semua fitur diatas, kamu dapat membuatnya berkerja secara otomatis sesuai waktu yang telah diatur.

Banyak yang bingung tentang cara menggunakan fitur backup yang ada diplugin ini, karena sebagian server melarang pembuatan folder secara massal, dan saya akan jelaskan sedikit cara memakai fitur backup pada plugin WP-DBManager.

Pertama – tama masuk ke FTP, bisa melalui cPanel atau software. Selanjutnya ke folder wp-content dan buatlah folder dengan nama backup-db . Pastikan chmod pada folder tersebut adalah 777 (overwrite). Selanjutnya ke directory plugin yaitu /wp-content/plugins/wp-dbmanager/, disana terdapat file bernama htaccess.txt silahkan pindahkan ke directory /wp-content/backup-db/. Lalu jika file tersebut sudah dipindah, selanjutnya silahkan ubah nama file dari htaccess.txt tadi menjadi .htaccess (awalan pake tanda titik dan tidak akhiri extensi “txt”).

Dengan memindahkan file htaccess dapat membuat file backup menjadi aman dari orang lain. Jadi isi dari folder backup-db yang dibuat tadi, hanya dapat dilihat oleh administrator menggunakan FTP atau plugin WP-DBManager.

Kamu dapat meng-install plugin ini dengan mudah, cukup menuju halaman pencarian plugin baru pada dasbor admin, dan cari plugin bernama WP-DBManager. Atau jika ingin menginstall secara manual, silahkan unduh pluginnya DI SINI.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment