≡ Menu

Cara Mendaftar Dan Memasang Widget Alexa Di Blog

Alexa Logo

Alexa adalah sebuah situs yang dapat menampilkan informasi tentang pengunjung yang ada disemua website. Hanya situs ini yang dapat dipercaya menampilkan data pengunjung dengan teliti, tidak hanya pencarian terakhir (terms) yang ada di mesin pencari, namun juga memiliki sistem ranking yang jika semakin kecil, semakin baik. Tidak semua website terdaftar di situs alexa, karena hanya para pemilik website yang dapat mendaftarkan situsnya sendiri.

Banyak sekali para pengiklan melihat informasi pengunjung melalui alexa, sebelum mereka memasang iklan pada situs yang dipilih. Dan banyak sekali website SEO tools yang mengandalkan rangking alexa ini untuk ditampilkan.

Alexa memiliki fitur yang tidak dimiliki situs lainnya. Situs Alexa dapat mendeteksi letak negara saat ada pengunjung, dan juga dapat mendeteksi jenis orang yang datang (kecil, remaja, tua). Mendaftar disitus alexa tidak begitu sulit. Ya seperti mendaftar pada situs lainnya :D. Jika websitemu ingin tampil di situs alexa silahkan baca tutorial mendaftarkan website di situs alexa dibawah ini.

• Pertama-tama daftar dulu disitus Alexa.com. Setelah daftar selesai, biasanya alexa mengirimkan link verivikasi di E-mail. Silahkan klik sekali :).

• Selanjutnya tinggal pasang websitemu. Kamu cukup mengklaim saja, pergi ke URL ini http://www.alexa.com/siteowners/claim dan masukan situsmu pada kolom yang tersedia dan klik Continue.

• Lalu kamu akan disuruh memilih 3 cara verivikasi situs yang didaftarkan. Kebanyakan yang digunakan adalah nomor 2 yaitu memasang meta tags di header. Kamu cukup menyalin kode yang diberikan dan tempel pada header situsmu disebelum tags penutup </head>.

• Jika kode telah terpasang, silahkan klik button Verivy dan setelah itu situsmu sudah terdaftar. Untuk melihat apakah telah terdaftar, kamu bisa menuju link My Dashboard. Disana semua situsmu yang terdaftar akan tampil.

• Tahap terakhir yaitu memasang widget Alexa. Silahkan menuju URL ini http://www.alexa.com/siteowners/widgets. Dan kamu akan dibawa ke suatu halaman. Cukup salin kodenya dan ubah teks yoursite.com dengan situsmu :D.

Alexa merubah templatenya sejak awal tahun 2014, jadi ada sedikit perbedaan dalam pendaftaran situs. Jika dulu dapat memilih berbagai widget alexa, namun sekarang hanya disediakan 2 kode saja. Dengan begini situsmu yang telah terdaftar, bisa melihat informasi pengunjung yang akurat. Disitus Alexa juga tersedia fitur premium yang memungkinkan dapat menampilkan informasi pengunjung lebih baik daripada yang gratis, dan dikenakan biaya yang tidak sedikit perbulannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Hadi August 7, 2014, 2:28 am

    Mantab Sob, Tapi Saya Bingung – kok di blog saya selalu no data yak? boleh minta solusinya sob..

    • rrobyf August 7, 2014, 7:39 am

      Jangan khawatir, Text No Data dari rank alexa akan hilang jika pengunjung telah mencapai setidaknya 100 perhari, dan untuk backlinks yang no data, kemungkinan diperbarui perbulan oleh Alexa.

Leave a Comment